Tips Agar Baterai Laptop Menjadi Lebih Awet

Tips Agar Baterai Laptop Menjadi Lebih Awet

Baterai laptop menjadi permasalahan klasik karena sudah sering terjadi di mana daya tahan baterai tidak berlangsung lama dan cepat habis. Kondisi ini bahkan sudah sering dialami sebagian besar orang. Bisa jadi ketika Anda pertama kali membelinya baterai masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda yang hendak membeli laptop second di jual beli laptop Bekasi, usahakan mencari laptop yang pemakaiannya masih di bawah satu tahun.

Agar baterai bisa  bertahan lebih lama Anda bisa memilih Power saving mode yang merupakan pilihan yang biasanya terdapat pada laptop. Jika laptop yang Anda beli adalah laptop yang sudah lama atau bisa juga tidak mempunyai mode power saving Anda bisa melakukannya dengan cara manual, seperti yang tertera di bawah ini:

  1. Sebagai administrator bukalah command prompt(cmd).
  2. Kemudian akan muncul tab command prompt lalu tuliskan “Powercfg -energy” tanpa menggunakan tanda petik.
  3. Baru kemudian Anda tinggal klik Enter.

Anda cukup sekali menggunakan perintah ini dan windows secara sistem akan lansung mencari cara agar setiap performa sistem lebih meningkat begitupun dengan baterai bisa lebih awet dan tidak cepat habis. Perintah tersebut akan tersimpan menjadi HTML dan tersimpan pada folder “Sistem 32”. Manfaatnya Anda bisa melihat lebih detil setiap program yang menghabiskn baterai lebih banyak selama ini pada laptop Anda.

Anda pun bisa melakukan beberapa tips agar baterai lebih hemat, di antaranya adalah:

  1. Menggunakan aplikasi ataupun program yang jangan terlalu berlebihan sehingga RAM laptop masih tersedia ruang kosong.
  2. Megurangi tingkat kecerahan yang terdapat pada layar laptop karena semakin cerah layar akan lebih banyak menghabiskan baterai Anda.
  3. Koneksi internet sebaiknya Anda matikan jika tidak digunakan.
  4. Usahakan laptop tidak dalam kondisi yang terlalu panas.
  5. Sebaiknya Anda mencopot media penyimpanan eksternal lainnya, yaitu DVD/Flashdisk/HDD eksternal yang pada saat itu tidak sedang dipergunakan oleh Anda.
  6. Disable bluetooth jika pada saat itu Anda tidak sedang menjalankannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.