Kebakaran Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio ‘Turun Tangan

Kebakaran Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio ‘Turun Tangan’

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 19:30 WIB
Kebakaran Hutan Amazon, Leonardo DiCaprio 'Turun Tangan'Leonardo DiCaprio segera bertindak dengan melahirkan organisasi amal untuk membantu penyelamatan hutan hujan di Amazon yang tengah dilanda kebakaran besar dalam dua pekan terakhir. (REUTERS/Edgard Garrido)

Jakarta, CNN Indonesia — Sejak lama, aktor Leonardo DiCaprio dikenal berdedikasi terhadap pelestarian alam dan hewan. Kebakaran hutan yang melanda Amazonlangsung menarik perhatian DiCaprio, yang dengan cepat memutuskan untuk bertindak.

Dilaporkan Deadline, DiCaprio berdiri di belakang Amazon Forest Fund, organisasi non-profit yang dilahirkan dengan terburu-buru demi menyelamatkan hutan hujan Amazon. Tak hanya mendirikan Amazon Forest Fund lewat organisasi amal Earth Alliance, DiCaprio sendiri disebut mulai menggelindingkan bola dengan berdonasi, meski nominalnya tak disebutkan.

Amazon Forest Fund berkata, mereka berkomitmen mengumpulkan US$5 juta untuk membantu mengatasi kebakaran hebat yang melahap hutan di Amazon.

Di akun Instagram, DiCaprio mengunggah ulang gambar hutan terbakar dari akun @IamNickRose, lengkap dengan keterangan berbunyi, “Sungguh menakutkan untuk memikirkan bahwa Amazon adalah hutan hujan terbesar planet ini, yang mengadakan 20 persen oksigen di Bumi, pada dasarnya adalah paru-paru dunia, telah terbakar dan masih terbakar dalam 16 hari terakhir tanpa ada pemberitaan media. Kenapa?”

Sekitar 60 persen Amazon berada di Brasil. Namun,bagian hutan yang luas itu juga tersebar di delapan negara lainnya, yakni Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana Prancis, Guyana, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Dalam pidatonya di televisi nasional, Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pemerintah sangat menyadari situasi saat ini dan akan memerangi “kejahatan lingkungan” dengan cara yang sama dengan memerangi kejahatan biasa. Mengutip Reuters, ia mengaku akan mengerahkan pasukan dengan peralatan yang sesuai untuk memadamkan api.

Sementara soal ganasnya kebakaran kali ini, ia menyalahkan kondisi cuaca.

Leonardo DiCaprio menuliskan keterangan ‘actor and environmentalist’ atau ‘aktor dan pecinta lingkungan’ di akun Instagram. (Eric Gaillard)

Leonardo DiCaprio kerap menggunakan Instagram untuk menyuarakan kepeduliannya terhadap alam. Ia pernah mengunggah ulang foto lautan Raja Ampat, Papua Barat dan menulis, “Mari kita lindungi Raja Ampat dan ekosistem laut yang rapuh lainnya.”

DiCaprio juga pernah mengangkat kehidupan gajah di Sumatera Utara di media yang sama. Gajah-gajah di Sumatera Utara diketahui kehilangan rumah, digantikan oleh perkebunan kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.