Hal-hal yang harus Diperhatikan pada Laptop Bekas Sebelum Dibeli

Hal-hal yang harus Diperhatikan pada Laptop Bekas Sebelum Dibeli

Di dalam sebuah laptop ada begitu banyak hardware dan software. Apabila sudah dipakai kondisinya tidak akan seperti sedia kala. Oleh karena itu jika Anda membeli laptop bekas di tempat jual beli laptop bekas, Anda harus memperhatikan semuanya dengan baik.

Ada banyak sekali hal-hal yang harus Anda perhatikan pada sebuah laptop bekas sebelum membelinya. Apa saja? Artikel ini akan membahasnya.

Hal yang harus Diperhatikan Sebelum Beli Laptop Bekas

Oleh karena ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum beli laptop bekas maka Anda harus tahu apa saja itu. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan tersebut.

  • Kondisi Laptop

Apabila Anda selektif dan lebih teliti melihat kondisi laptop maka akan mendapatkan yang paling tepat. Pasti ada banyak laptop bekas yang kondisinya masih mulus. Jika di satu toko jual beli laptop bekas tidak ada maka lakukan pencarian ke tempat lainnya dan pilih yang terbaik.

  • Cek Baterai Dan Charger

Jika kondisi fisik laptop sudah kelihatan bagus, selanjutnya cek salah satu komponen utama yang paling penting untuk diperhatikan. Yaitu, baterai dan charger. Pastikan daya tahan baterai masih bagus sehingga tidak perlu terlalu sering di-charge dan periksa juga kelengkapan alat chargernya.

Caranya coba isi ulang baterai laptop sampai 100 persen lalu gunakan untuk melakukan beberapa aktivitas. Coba selama 15 menit, jika turun langsung sampai 40 persen maka jangan pilih karena artinya baterai tersebut sudah drop.

  • Perangkat Hardware

Beberapa hardware yang harus Anda cek pada laptop bekas antara lain DVD/RW yang harus masih bisa membaca DVD/ CD, port USB bisa untuk input berbagai hardware lain, hard disk, speaker, pemutar lagu, dan lain sebagainya.

  • Suhu Laptop

Pilih laptop bekas yang suhunya tidak panas berlebihan alias normal. Cara mengecek tingkat suhu laptop bekas adalah menyentuh semua bagian laptop dari atas sampai bawah setelah coba digunakan. Jika panas sekali ketika disentuh maka bisa saja terjadi karena ada masalah pada mesinnya.

  • Cek Wifi

Jika Anda membutuhkan koneksi internet yang baik dari sebuah laptop maka penting mengecek Wifi. Untuk mengeceknya adalah aktifkan fitur Wifi kemudian coba cara titik hotspot internet terdekat, jika bisa menangkap maka artinya Wifi masih bekerja dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai berbagai hal yang harus diperhatikan pada laptop bekas sebelum dibeli. Untuk mendapatkan laptop bekas yang diinginkan, jangan hanya cari di satu toko jual beli laptop bekas saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.