Gempa Aceh 4,8 Magnitudo Pagi Ini Merusak di Sabang

Gempa Aceh 4,8 Magnitudo Pagi Ini Merusak di

Sabang

Ilustrasi gempa. freepik.com

TEMPO.CO, Bandung – Gempa tektonik berkekuatan 4,8 Magnitudo mengguncang sebagian wilayah Aceh, Kamis 4 Juni 2020, pukul 05.31 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sumber gempa berada di darat dari segmen Sesar Besar Sumatera.

“Gempa ini berdampak kerusakan di Keunekai, Sabang,” kata Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, lewat keterangan tertulis, Kamis.

Menurutnya, pusat sumber gempa atau episentrum terletak pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT. Lokasinya berada di darat pada jarak 5 kilometer arah tenggara Banda Aceh dengan kedalaman 10 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas Sesar Besar Sumatera tepatnya pada Segmen Aceh,” kata Daryono lagi.

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Sabang dengan skala intensitas III MMI serta Banda Aceh dan Aceh Besar II MMI. Pada skala itu gempa terasa di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu dan benda ringan yang digantung bergoyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.