Coretan Swastika di Lift Kemenlu AS, Menlu Mengamuk

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengamuk setelah menerima laporan mengenai coretan lambang Nazi, swastika, di lift kementeriannya. (AFP/Andrew Harnik)
Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengamuk setelah menerima laporan mengenai coretan lambang Nazi, swastika, di lift kementeriannya.
“Ini merupakan pengingat menyakitkan bahwa anti-Semitisme belum berakhir. Itu semua masih ada dan kita menghadapinya di seluruh dunia, dan sayangnya kita juga menghadapinya di tempat yang sangat dekat,” ujar Blinken, seperti dikutip AFP, Rabu (28/7).

Ia kemudian berkata, “Saya harus menekankan bahwa anti-Semitisme tak punya tempat di Amerika Serikat dan tentunya tak punya tempat di Kementerian Luar Negeri.”

Saat ini, pejabat Kemlu AS pun sedang menyelidiki bagaimana simbol Nazi tersebut bisa terlihat di dinding lift di Gedung Harry S. Truman.

Lihat Juga :

Covid Meroket, RS di AS Menjerit Kekurangan Tempat Tidur ICU
Komite Yahudi Amerika juga mengaku bingung simbol Nazi itu bisa tertoreh di lift yang sangat dekat dengan kantor bagian anti-Semitisme.

Skip ad
×
powered by AdSparc
Menurut komite tersebut, saat ini posisi perwakilan urusan anti-Semitisme di Kemlu itu sedang kosong usai pergantian kepemimpinan. Mereka pun mendesak Kemlu untuk segera mengisi posisi tersebut.

“Anti-Semitisme masih terus ada di dunia, seperti yang dikatakan Menlu,” ucap Direktur Komite Yahudi Amerika urusan Anti-Semitisme, Holly Huffnagle.

Blinken sendiri dikenal sebagai Yahudi sekuler penolak keras anti-Semitisme. Ayah angkat Blinken juga merupakan penyintas kamp Nazi.

Bulan lalu, Blinken berkunjung ke Berlin untuk menggaungkan upaya memerangi kemunculan kembali anti-Semitisme di Jerman dengan menggencarkan edukasi mengenai Holocaust.

Ia mengingatkan bahwa penolakan terhadap sejarah Holocaust dan gerakan anti-Semitisme lainnya “kerap kali muncul berbarengan dengan homofobia, xenofobia, rasialisme, dan bentuk kebencian lainnya.”

(has)

Bagikan :

Baca artikel CNN Indonesia “Coretan Swastika di Lift Kemenlu AS, Menlu Mengamuk” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20210729093034-134-673619/coretan-swastika-di-lift-kemenlu-as-menlu-mengamuk.

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.