Choi Ji Woo Melahirkan di Usia 44, Ini Keuntungan dan Risikonya

Choi Ji Woo Melahirkan di Usia 44, Ini Keuntungan

dan Risikonya

Aktris Korea Choi Ji Woo (Dok. Star Jiwoo)

TEMPO.COJakarta – Aktris Korea Choi Ji Woo tengah berbahagia. Ia baru melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin perempuan pada Sabtu, 16 Mei 2020.

Kabar tersebut disampaikan oleh YG Entertainment, manajemen yang membawahkan Choi Ji Woo.

“Choi melahirkan anak perempuan pagi ini. Ibu dan anak dalam kondisi sehat,” kata YG Entertainment. Mereka menambahkan bahwa aktris kelahiran 11 Juni 1975 itu saat ini tengah beristirahat.

Beberapa hari sebelum melahirkan, aktris yang terkenal lewat perannya di serial drama Korea 1990-an, Winter Sonata, itu mengunggah foto yang memamerkan perut besarnya bersama dengan surat untuk penggemarnya di situs resminya, Star Jiwoo. Di foto itu dia mengenakan gaun putih dengan hiasan bunga di kepala. Ia memegang balon merah muda denga  tulisan “baby girl”.

Dalam surat itu dia mengatakan tengah menantikan kelahiran anak pertamanya sekitar dua pekan lagi. Selama hamil, ia mengaku sangat berhati-hati. Bukan karena usianya yang sudah lebih tua, tapi juga karena pandemi virus corona yang sedang melanda.

“Saya merasa sangat menghormati ibu-ibu Korea. Saya berharap bahwa ibu hamil lain yang juga bekerja keras untuk mempersiapkan persalinan dapat memperoleh kekuatan sambil menatap saya, ikon kehamilan di usia lebih tua,” kata dia.

Hamil dan melahirkan pada usia di atas 40 tahun tidak mudah. Menurut laman Helathline, perempuan yang hamil di usia ini mengalami lebih banyak rasa sakit dan nyeri karena persendian dan tulang yang sudah mulai kehilangan massa seiring bertambahnya usia.

Selain itu, ibu hamil di atas 40 tahu juga mungkin lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional. Kelelahan yang berhubungan dengan kehamilan mungkin lebih terasa saat bertambah tua.

ADVERTISEMENT

Melahirkan di usia ini juga kecil kemungkinan bisa dilakukan secara normal karena perawatan kesuburan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Ibu hamil juga mungkin berisiko lebih tinggi mengalami preeklampsia, yang mungkin mengharuskan persalinan sesar untuk menyelamatkan ibu dan bayi.

Keuntungannya, hamil dan melahirkan di usia ini memberi kesempatan ibu untuk  membangun karier. Ibu dapat mendedikasikan lebih banyak waktu untuk membesarkan anak-anak. Situasi keuangan juga bisa lebih menguntungkan.

Anak juga lebih kecil kemungkinan mengurangi penurunan kognitif, hidup lebih lama, dan hasil pendidikan yang lebih baik pada anak-anak, seperti nilai ujian dan tingkat kelulusan yang lebih tinggi.

Choi Ji Woo mengumumkan kehamilannya pada Desember 2019. Dia menikahi suaminya yang berusia sembilan tahun lebih muda pada Maret 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.