Jual beli laptop di Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan hub : 085211340294

bagi anda yang memiliki laptop tidak terpakai, ingin tukar tambah laptop, laptop anda bermasalah, laptop anda terlalu tua/kuno dan ingin dijual dan anda berada di daerah Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan. anda dapat menghubungi 085211340294 (Call/sms/whatsapp) kami menerima berbagai jenis laptop mulai dari merek acer, lenovo, asus, dell, serta MACBOOK. jadi bagi anda yang berada di daerah Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan segera hubungi kami sekarang juga di 085211340294(Call/sms/whatsapp)

Jual beli laptop di Pondok Cabe Ilir Tangerang Selatan hub : 085211340294

Sejarah Pondok cabe Ilir

Pondok Cabe, terletak di selatan jakarta, dahulu merupakan kawasan hutan belantara yang berada di kekuasaan kerajaan cirebon. Pondok Cabe belum berkembang, masih hutan  Sejak abad 16, Pondok Cabe  mulai dihuni (babat alas) oleh para punggawa dari kerajaan cirebon. Salah satu punggawa kerajaan (senopati) yang sekaligus pendakwah agama islam adalah Normie (Dikenal Sebagai Mak Normie), leluhur warga asli pondok cabe yang berasal dari kerajaan cirebon.

Mak Normie, adalah senopati yang handal dan mendapatkan daerah perdikan, yang sekarang dinamakan pondok cabe tersebut. Mak Normie memiliki 10 orang anak memulai kehidupan di pondok cabe, kemudian pondok cabe pada abad 17 kedatangan orang orang buangan tionghoa, yang di buang belanda dari Kota karena melakukan pemberontakan. Akhirnya orang-orang tionghoa tersebut bersama-sama dengan pribumi keturunan mak normie melakukan usaha pertanian dengan bercocok tanam, seperti cabai, jagung, aren dan sebagainya. Keturunan tionghoa di pondok cabe hingga saat ini masih banyak, berbaur dengan pribumi dari sejak dulu.

Pondok cabe terbagi menjadi 2, yakni pondok cabe ilir dan pondok cabe udik, pondok cabe ilir itulah mak normie dan keturunan nya hingga saat ini mengembangkan daerah, sedangkan leluhur orang pondok cabe udik sama-sama berasal dari kerajaan cirebon yang dikenal dengan sapu jagat.

Salah satu petilasan yang ada di pondok cabe adalah masjid agung al-ikhlas di pondok cabe 1. disana dibangun masjid dan dipercayai ditempat itulah tempat tinggal mak normie.

Masjid agung al-ikhlas, dahulu masjid al – ikhlas, termasuk masjid tertua di banten, sejak abad 16 sudah dibangun. dan pada abad ke 19 masjid itu dibangun lebih modern dengan menggunakan genteng, yang dimana dalam pembangunannya terjadi banyak karomah, diantaranya bahan bangunan, seperti batu dan genteng tersedia dengan sendirinya. Cerita pembangunan masjid al-ikhlas yang penuh karomah itu diceritakan oleh turun temurun ke anak-anak pondok cabe ilir.

Pada tahun 1972, pondok cabe digusur oleh pembangunan bandara oleh pertamina, sehingga sekarang ada bandara kecil. pondok cabe kini semakin modern dan padat. Banyak pendatang dan warga luar yang mencari rejeki di pondok cabe. Kemajuan pembangunan membuat lahan-lahan terbuka di pondok cabe semakin menyempit dan berharga mahal. Namun kini banyak warga pribumi pondok cabe ilir yang justru tidak memiliki tanah. Sudah banyak warga pribumi yang mengontrak rumah, padahal semua pribumi pondok cabe berasal dari leluhur yang sama, yakni mak normie..Alfatihah..semoga engkau mendapatkan rahmat Nya di sana, ibunda leluhur warga pondok cabe ilir

catatan dari ingatan cerita orang tua, dari engkong dan baba..mamang..encang dan encing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.