Penampilan sebuah laptop ketika ada transaksi jual beli laptop bekas menjadi salah satu nilai tambah. Meski spesifikasi laptop yang paling penting diketahui tapi tampilan laptop tersebut bisa menambah nilai jualnya. Sebelum menjual laptop bekas akan lebih baik jika dibersihkan dulu supaya tampilannya lebih bagus.

Artikel ini akan membahas mengenai cara membersihkan laptop supaya terlihat lebih menarik agar transaksi jual beli laptop bekas lebih lancar.

Cara Membersihkan Laptop yang Baik

Membersihkan sebuah laptop tidak boleh sembarangan, ada tata caranya. Tujuannya supaya tidak terjadi kerusakan pada bagian hardwarenya.

Sebelum mulai membersihkan pastikan bahwa aliran listrik yang menuju ke laptop putus. Jadi matikan dulu laptopnya. Sesudah itu baru mulai lakukan langkah pembersihan. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Tips pertama, Anda bisa menggunakan kain yang lumayan lembap tapi jangan terlalu basah. Lakukan pembersihan pada bagian layar dan bagian luar laptop kecuali bagian untuk listrik. Ingat! Basahi sedikit lap, jangan langsung semprot air ke layar karena bisa merusaknya.
  • Tips kedua, untuk mengeluarkan kotoran yang ada pada tempat tersembunyi seperti tombol keyboard atau sela lainnya Anda bisa memakai udara dengan tekanan. Misalnya dengan hairdryer, kipas angin, atau penyedot debu mini. Tujuannya supaya semua bagian laptop bersih.
  • Tips ketiga, Anda bisa membalik laptop untuk membersihkan keyboard. Namun harus dilakukan secara perlahan, contohnya mengoyangkan laptop supaya jika ada remah-remah yang tersangkut bisa dikeluarkan dengan mudah.

Layar adalah bagian pada laptop yang paling kotor tapi jarang yang terpikir untuk membersihkannya. Khusus untuk layar sentuh, sering sekali menempel noda dan debu. Tidak ada cara khusus untuk membersihkan layar. Beberapa toko jual beli laptop bekas maupun baru memiliki jasa untuk membersihkan layar LCD. Anda yang membuka usaha yang sama bisa mengikuti hal tersebut.

Selain itu, keyboard rentan kotor karena ketika Anda mengetik jari-jari bisa menransfer kuman dan noda tidak kasat mata. Jadi bagian laptop yang paling harus dibersihkan adalah keyboard dan layar.

Demikianlah informasi mengenai cara membersihkan laptop bekas sebelum Anda melakukan transaksi jual beli laptop bekas. Agar ketika konsumen membelinya mereka akan lebih puas karena barang yang dibawanya terlihat dirawat dengan baik.

One thought on “Cara Membersihkan Laptop Bekas Agar Lebih Menarik Sebelum Dijual”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.